Kamis, 17 September 2015

SIDOARJO

 ASSALAMUALAIKUM WR.WB
SELAMAT MEMBACA

Image result for sidoarjo

Negara ku indonesia disilah aku di lahirkan di bumi pertiwi.Aku saat ini berada di pulau jawa lebih tepatnya aku berada di provinsi jawa timur.Aku termasuk korban lumpur lapindo tempat kelahiran aku di desa besuki yang sekarang sudah tidak ada karena terkena lumpur lapindo .Aku sekarang menetap di desa trompoasri jabon sidoarjo didesa baruku memiliki tradisi atau semacam peraturan tetapi yang memiliki peraturan tersebut hanya desaku di sekitar jabon .Di tempatku apabila membangun rumah di desa trompo harus dan diharuskan menghadap utara dan selatan saja tidak boleh menghadap barat dan timur atau semacam lainya jadi, ketentuan tersebet harus di laksanakan aku kurang mengerti kenapa harus seperti itu karena aku warga baru di desa trompoasri .Desaku termasuk kabupaten sidoarjo di kabupaten sidorjo memiliki banyak kesenian dan budaya tradisional seperti ludruk,wayang kulit jawatimuran (Wayang Jek Dong),tayub,jaranan,dan memiliki kesenian yang cukup banyak yang bercorak islam seperti dibaan,terbangan,hadrah,dan masih banyak lagi. Sementara kesenian modern ada di pusat kota ada kesenian yang bukan menjadi cirri kesenian sidoarjo yaitu kesenian wayang Potehi (Pengaruh Kesenian China).kesenian kesenian di sidoarjo banyak yang di pengaruhi oleh budaya Surabaya seperti budaya mataraman dan komunitas nadliyin ,kedua tersebut merupakan unsur terbesar dalam masyarakat sidoarjo .pengaruh budaya islam di sidoarjo Nampak dari banyaknya masyarakat islam nahdliyin yang pada akhirnya melahirkan seni Samroh,Dibaan,Terbangan,Yasinan,dan Hadrah.sedangkan pengaruh mutaraman Nampak dari seni wayang kulit.Di Sidoarjo juga terdapat ludruk ,seperti di Surabaya ,mojokerto dan jombang.Namun sidoarjo juga di pengaruhi oleh budaya pesisiran yang memunculkan ekspresi kesenian tersendiri di kawasan timur.kesenian tradisional tersebut diturunkan dari generasi satu kegenerasi yang lainya .
http//nurulhuda.wordpress.com





Tidak ada komentar:

Posting Komentar